Resep Soto Bandung Ayam Spesial

Bandung yang terkenal akan destinasi wisatanya yang kaya, ternyata juga menyimpan berbagai kuliner lezat yang khas. Jika di Madura ada sate, di Jogja ada gudeg atau di Betawi ada rawon maka di kota kembang ini anda bisa menikmati sajian soto Bandung. untuk anda yang penasaran ingin menjajal nikmatnya soto Bandung tak perlu jauh-jauh ke sana. Sebab dari resep soto Bandung di bawah ini anda akan bisa merasakan kuliner tersebut dengan membuatnya sendiri di rumah.

Bahan pembuatan resep soto Bandung sebenarnya hampir sama seperti pada bahan pembuatan soto lainnya, seperti daging, bawang, rempah-rempah, dan lain-lain. Hanya saja soto ini tak menyertakan santan dalam kuahnya sehingga lebih segar, didukung dengan penggunaan daging sandung lamur nan gurih dijamin lidah anda akan tergoda untuk mencobanya lagi dan lagi.  Hal menarik lain dari soto ia yakni penggunaan lobak serta kacang kedelai yang tidak dijumpai dalam soto lainnya. Untuk lebih jelasnya mari simak penjabaran berikut :

Bahan-bahan :
- ¼ kilogram daging sapi, pilih bagian sandung lamur, bagian daging sandung lamur dipilih karena teksturnya bisa lembut dan enak dibandingkan bagian lainnya.
- 1 liter air bersih.
- 100 gram lobak, kupas dan iris tipis.
- 3-4 siung bawang putih, haluskan.
- 1 cm rimpang jahe, bersihkan lalu memarkan.
- 1 batang serai, ambil tengah batangnya untuk dimemarkan juga.
- ¼ sendok teh merica bubuk.
- ½ sendok teh garam dapur.
- 1 sendok makan minyak goreng.

Bahan utama untuk membuat soto Bandung memang lebih simpel dan sedikit bahannya bila dibandingkan dengan pembuatan soto lainnya misalkan soto ayam bening, atau soto ayam bumbu kuning, dan sebagainya. Selain bahan utama dalam resep soto Bandung di atas, siapkan pula berbagai bahan pelengkapnya agar soto semakin mantap rasanya yaitu bawang merah goreng, daun seledri yang sudah dicincang halus, sambal cabe rawit, dan yang membuat soto Bandung ini semakin khas yakni kedelai putih yang sudah digoreng sebelumnya.

Setelah semua bahan tersedia langsung saja dimulai proses memasaknya mengikuti langkah di bawah ini :
- Pertama-tama daging sapi yang sudah dibersihkan dari kotoran direbus dengan air  liter sampai matang dan empuk teksturnya.
- Selanjutnya matikan kompor, angkat daging sapi dan potong dadu, lalu sisihkan. Sementara itu air rebusannya jangan dibuang sebab dalam air rebusan tadi lah terdapat kaldu sapi sebagai citarasa soto Bandung menjadi gurih dan nikmat.
- Panaskan minyak pada wajan, kemudian tumis bawang putih sampai tercium aroma harum.
- Selanjutnya tuangkan air rebusan tadi, tambahkan lobak serta jahe dan serai yang telah dimemarkan. Biarkan sampai mendidih.
- Tahap selanjutnya masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong sebelumnya dan tambahkan garam serta merica sampai rasanya dirasa pas.
- Angkat dan tuang ke dalam mangkuk.
- Agar semakin nikmat, taburkan bawang merah goreng, seledri juga kedelai di atas masakan. Sedangkan untuk sambal rawitnya boleh ditambahkan sesuai selera masing-masing.

Bagaimana, ternyata sangat sederhana dan tidak sulit bukan mempraktikkan resep soto Bandung di atas? Resep tersebut cukup sampai 6 porsi penyajian, jadi bisa anda tambah sendiri bila dirasa kurang banyak jumlahnya. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.