Resep Seblak Basah Yang Sederhana

Menengok kota kembang, kota itu memang tak pernah berhenti berinovasi dalam segala bidang, termasuk dalam urusan kuliner. Makanan atau jajanan baru yang dikembangkan di sana pun memang nikmat, tak heran hampir semua jajanan baru menjadi tren di kalangan masyarakat Bandung. untuk anda yang pernah ke Bandung mungkin sudah pernah mengenal jajanan Seblak, inilah menu yang resepnya akan diberikan di artikel kali ini.

Sebelum tahu lebih lanjut mengenai resep seblak, tak ada salahnya mengulik kembali sedikit tentang si seblak tersebut.  Seblak sebenarnya ada dua macam yakni seblak basah dan seblak kering, seblak kering wujudnya sama seperti kerupuk hanya saja ditambahi bubuk cabai atau perasa lainnya, sedangkan seblak basah yang akan dibahas kali ini unik karena kerupuknya direndam sehingga lembek namun tetap terasa lezat. Bila anda merasa tak ahli dalam memasak, tak ada salahnya mencoba membuat seblak karena selain bahan pembuatan seblak tidaklah mahal ia mudah didapatkan juga. Bila sudah mulai penasaran seperti apa cara pembuatan resep seblak, berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Bahan-bahan :
- 5 gram kerupuk merah mentah
- 2 buah sosis ayam, potong tipis
- 3 buah bakso ayam, potong tipis juga
- 1  butir telur Ayam
- Sawi putih, cuci bersih lalu potong potong
- 1 batang daun bawang, cincang halus
- Bawang merah goreng secukupnya
- Kecap kental manis, gurih pedas
- Gula dan garam secukupnya
- Penyedap rasa
- Minyak untuk menumis
- Air secukupnya

Sementara itu, siapkan juga bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan diantaranya 2 cm kencur, 2 cm kunyit, 1 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, dan 7 buah cabai rawit merah. Penggunaan cabai rawit merah dalam resep seblak boleh dikurangi atau ditambah sesuai selera anda. Langsung saja berikut tahapan memasaknya :

Cara Memasak :
• Mula-mula cuci bersih kerupuk merah terlebih dahulu, kemudian jerang kerupuk di dalam air mendidih selama beberapa menit agar kerupuk bisa empuk. Angkat, tiriskan.

• Panaskan minyak, lalu tumis bumbu kencur, kunyit, bawang putih, bawang merah serta cabai yang telah dihaluskan sebelumnya.

• Masukkan telur ayam ke dalam bumbu tadi lalu digoreng orak-arik atau dikocok.
• Setelah tercium aroma harum, masukkan sosis serta bakso ayam dan sawi putih ke dalamnya untuk dimasak sampai sedikit layu.

• Tahap selanjutnya, masukkan kerupuk yang telah dijerang tadi ke dalam wajan dan tambahkan sedikit air. Ini bertujuan supaya masakan tidak lengket pada wajan.

• Tambahkan gula pasir, garam serta penyedap asa secukupnya saja.

• Tuangkan kecap manis gurih pedas ke dalamnya, aduk hingga merata. Jangan lupa dicicipi bila rasa sudah pas kemudian diamkan masakan sampai kuah sedikit mengental.

• Setelah matang matikan kompor, angkat dan sajikan di piring saji. Untuk mempercantik tampilan sekaligus menambah rasa, jangan lupa taburkan daun bawang serta bawang goreng ke atas hidangan.

Resep seblak yang sederhana saja membuatnya mudah dipraktikkan di rumah, sehingga ketika anda ingin makan seblak atau ingin menghidangkannya untuk keluarga tercinta tak perlu susah-susah pergi ke Bandung untuk menikmatinya. Semoga artikel di atas bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.